Rabu, 03 Agustus 2016

10 Keunggulan Hebel / Beton Ringan Aerasi

KEUNGGULAN HEBEL / BETON RINGAN AERASI DARI BATA MERAH

harga hebel per kubik
Gambar Pemasangan Hebel
     Hebel atau beton ringan aerasi adalah material yang menyerupai beton dan memiliki sifat kuat, tahan air dan api, awet (durabel) yang dibuat di pabrik menggunakan mesin. Beton ini cukup ringan, halus, dan memiliki tingkat kerataan yang baik.

     Beton / bata ringan ini diciptakan agar dapat memperingan beban struktur dari sebuah bangunan konstruksi, mempercepat pelaksanaan, serta meminimalisasi sisa material yang terjadi pada saat proses pemasangan dinding berlangsung.

*) Sejarah Perkembangan Hebel Aerasi di Indonesia

     Hebel atau Bata Ringan pertama kali diciptakan di Swedia pada tahun 1923. Saat itu, pembuatan bata ringan ini adalah alternatif material bangunan, dalam rangka mengurangi penggundulan hutan. Pada tahun 1943, beton ringan lalu dikembangkan lagi di Jerman oleh seseorang bernama Joseph Hebel. Sejak saat itu bata ringan ini dianggap sempurna, dengan alasan ramah lingkungan dan dibuat dari sumber daya alam yang berlimpah. Bata ringan bersifat kuat, tahan lama, mudah dibentuk, efisien, dan berdaya guna tinggi.

     Di Indonesia sendiri bata ringan mulai dikenal sejak tahun 1995. Sekarang jenis bata ringan yang beredar di negara ini ada 2 : CLC (Cellular Lightweight Concrete), AAC (Autoclaved Aerated Concrete).

Berikut adalah 10 keunggulan hebel / beton ringan dari bata merah :

  1. Lebih Ringan. 
Dengan ukuran yang sama namun bobot yang jauh lebih ringan sehingga pembebanan pada struktur di bawahnya juga lebih kecil, sehingga ukuran pondasi menjadi lebih kecil. Selain itu material ini dapat dengan mudah diangkut atau dipindah-pindahkan karena bobotnya yang ringan. Cocok untuk bangunan bertingkat banyak dan daerah yang rawan gempa seperti indonesia.
  2. Kuat dan tahan lama. 
Penggunaan semen sebagai bahan baku dasar, berarti peningkatan kekuatan setiap tahun pada penuaan bata ringan,sesuai dengan sifat beton, ketahanannya pun kurang lebih sama tahan lamanya dengan beton konvensional. 
  3. Tahan Api. Bata ringan merupakan anorganik tahan api, yang mengurangi resiko kebakaran. Tahan terhadap api selama kurang lebih 4 jam karena konduktivitas thermal yang di capai antara 0,05 – 0,15 Kcal/mh, yang mana 20-30 kali lebih tinggi dari beton normal. 
  4. Kedap suara
. Teknologi pembuatan bata ringan membuat material ini memiliki insulasi akustik lebih besar higga lima kali dari beton biasa,sehingga mampu mengurangi tingkat kebisingan suara dari luar. 
  5. Hemat energi
. Teknologi pembuatan hebel membuat material ini memiliki sifat isolasi panas yang baik, yang mana membuat rumah sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin, sehingga menghemat energi untuk pendingin dan pemanas. 
  6. Efisien dan ekonomis. Pemasangan hebel sebagai dinding menghemat pemakaian semen, yakni hanya dengan mengoleskan semen sekitar tiga mili saja maka antar bata sudah bisa melekat kuat. Hemat plesteran dan spasi hingga 75% karena ukurannya yang lebih besar daripada bata tiap hari (umumnya) dan permukaannya yang rata. Ukuran hebel yang besar dan bobot yang ringan juga berarti proses pengerjaannya lebih cepat, yang mana merupakan efisiensi waktu dan menghemat ongkos tukang. Disamping itu, harga hebel juga cukup murah jika dibandingkan pemasangan dinding dengan bata ataupun batako.
  7. Mudah pengerjaannya. 
Dapat diaplikasikan dengan sangat mudah dan hemat waktu dalam pengerjaannya karena bisa digergaji, dibor, dan tidak memerlukan peralatan khusus. 
  8. Ramah lingkungan
. Berat jenisnya rendah ( serendah ¼ daripada beton biasa ) karena 70% materialnya udara , yang mana mengurangi penggunaan pasir dan semen sehingga menjadikannya menggunakan bahan lebih rendah daripada material bangunan biasa. Selain itu beton ringan biasa di daur ulang bila sudah tak di pakai. 
  9. Kedap air
. Penetrasi air rendah, sehingga dinding tidak mudah lembab bila terpapar oleh air hujan dan cepat kering. 
  10. Anti jamur dan kutu. 
Bata ringan tidak menyerap kelembaban hingga ke dalam, dan materi yang d gunakan tidak dapat dijadikan tempat tinggal kutu,serangga atau hewan jenis lainnya.
   Karena berat jenisnya dan ketahanan panas serta strukturnya yang berbeda, membuat beton ringan aerasi dapat di gunakan juga :
  • Untuk memperkuat sambungan tembok dan atap di bangunan rendah. 
  • Untuk tembok bagian dalam atau luar bangunan tinggi. 
  • Untuk menginsulasi panas bangunan dan untuk tembok dan atap ruangan pendingin. Produk ini sesuai untuk aplikasi ruang tangga darurat, cerobong, ventilasi dan koridor lift. 
  • Untuk menginsulasi suara pada bangunan.
     Indonusa Conblock memproduksi dan mensupply produk beton yang satu ini yaitu Bata Ringan. Untuk mengetahui lebih detail mengenai harga hebel per kubik / per biji serta cara pemesanannya, dapat menghubungi :

INDONUSA CONBLOCK
Jl. Wibawa Mukti 2 No. 26 Jatiasih - Bekasi
Telp & Fax : (021) 82733918


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar