Senin, 18 November 2013

Cara Pembuatan Lubang Biopori dengan Buis Beton/ U Ditch

Lubang Biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10cm dan kedalaman 80-100 cm. Lubang ini berfungsi untuk meresapkan air lebih banyak ke dalam tanah, sehingga air hujan atau banjir tidak menggenang terlalu lama.

Pembuatan lubang biopori di rumah cukup mudah. Ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini :
1 ) Buatlah jalur untuk lubang resapan biopori dengan menggunakan buis beton / u ditch. Jalur dibuat lebih rendah agar air berkumpul dan terarah ke lubang.
2 ) Buat lubang dengan menggali tanah menggunakan sekop secara perlahan. Akan lebih ideal bila menggunakan bor biopori untuk mempermudah mengangkat tanah hasil galian. Beri jarak antar lubang, masing-masing sejauh 50-100 cm.
3 ) Buat lubang silinder ( ruang yang berbatas bidang buis beton / u ditch dan dua bulatan yang sama besar ) secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10 cm. Dalamnya lubang kurang dari 100 cm atau jangan sampai melampaui permukaan air tanah, bila tanahnya dangkal.
4 ) Buatlah mulut lubang dari semen selebar 2-3 cm dan tebal 2 cm agar mulut lubang lebih kuat ( akan berbentuk seperti lubang pada donat ). Isi lubang dengan sampah organik yang berasal dari sampah dapur, sisa-sisa tanaman seperti dedaunan dan potongan rumput. Sampah organik harus selalu ditambahkan karena cepat menyusut akibat proses pelapukan. Kompos yang dihasilkan sampah organik dalam lubang biopori dapat diambil setiap akhir musim kemarau bersamaan dengan pemeliharaan resapan.

sumber: tabloidrumah.com

0 komentar:

Poskan Komentar